Assalamualaikum Teman Minlabs!. Akhlak mulia dalam Islam menjadi pedoman bagi seorang Muslim untuk hidup berdampingan dengan masyarakat dan mencapai kedekatan dengan Allah SWT.

Tapi tau gak sih apa sebenarnya Akhlak Mulia itu?

Akhlak yang mulia adalah sebuah keadaan yang melekat di dalam diri seseorang yang diwujudkan dalam bentuk perbuatan-perbuatan yang baik dan positif bagi kehidupan dan hal ini menjadi kebiasaan.

Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna, oleh karena itu memiliki akhlak yang mulia bukan hanya berlaku untuk umat islam.

Akhlak itu sendiri merupakan sebuah pondasi yang ada pada diri kita lho. Ibarat sebuah bangunan apabila pondasinya buruk maka bangunan tersebut akan mudah hancur, sebaliknya apabila bangunan tersebut memiliki pondasi yang bagus, maka akan kokoh walaupun diterjang hujan badai.

Dalam Qur’an Surat Al-Qalam ayat 4 disebutkan “wa innaka la‘alâ khuluqin ‘adhîm”, yang artinya “Sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung”. Ayat ini menyatakan bahwa pahala yang tidak terputus itu diperoleh Rasulullah SAW sebagai buah dari akhlak beliau yang mulia.

Pentingnya menjaga akhlak dan berperilaku baik merupakan pondasi yang harus terus kita kokohkan, apalagi jika kita melihat bagaimana realitas kehidupan sekarang ini, banyak sekali di lingkungan sekitar yang memiliki akhlak kurang baik. Yuk kita sama sama mulai saling menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik sejak dini.

Ayo, unduh aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang telah tersedia di Play Store dan App Store, dan jangan lupa juga untuk mengikuti akun TikTok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru serta keseruan kegiatan kami bersama Iqralabs!.

Leave a Reply

%d bloggers like this: