Assalamualaikum Teman Minlabs! Hayoo siapa disini yang masih suka mengolok-olok? Tidak baik yaa. Rasulullah Muhammad ﷺ, selalu mengajarkan kita untuk tidak memandang perbedaan baik suku, bangsa, ras bahkan kepercayaan, karena beliau sangat menjunjung tinggi sikap toleransi lho.

Kita hidup dengan penuh perbedaan budaya, selera, kepercayaan dan masih banyak lagi. Jadi bagaimana cara untuk menyikapi semua perbedaan-perbedaan itu?

Dalam Qur’an Surat Al-Hujurat Surat ke 49, Ayat 13 dijelaskan 

“Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti.”

Jadi, dari ayat ini kita dapat belajar bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan umatnya untuk menciptakan kedamaian. Jadi bagai muslim kita pun dianjurkan untuk dapat menyikapi perbedaan tersebut dengan penuh toleransi. Apalagi Indonesia memiliki ragam suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda seperti semboyan kita

“Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya Berbeda-beda tetap satu juga!.

Jadi yuk sama-sama kita jaga kerukunan dan hargai setiap perbedaan yang ada di negeri ini.

Ayo, unduh aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang telah tersedia di Play Store dan App Store, dan jangan lupa juga untuk mengikuti akun TikTok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru serta keseruan kegiatan kami bersama Iqralabs!.

Leave a Reply

%d bloggers like this: