Setelah kita telah belajar hukum bacaan nun mati atau atanwin idzhar dan Iqlab. Kali ini Minji ingin membahas hukum bacaan Idgham. Berikut penjelasan lengkapnya dari hukum bacaan Idgham :

Dalam hukum bacaan nun mati atau tanwin, hukum bacaan Idgham dibagi menjadi dua yaitu Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah. Berikut penjelasan lengkapnya dari Idgham sebagai berikut :

  • Idgham Bighunnah (dengung) adalah hukum bacaan apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf mim (م), nun (ن), wau (و), dan ya (ي). Cara membaca apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf tersebut maka dibaca sepanjang dua harakat disertai dengan dengung yang dikeluarkan dari pangkal hidung.Dibawah ini merupakan contoh dari hukum bacaan Idgham Bighunnah :

وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
QS. Al- Kafirun ayat 4

  • Idgham Bilaghunnah (tanpa dengung) adalah hukum bacaan apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf lam (ل) dan ra (ر). Cara membaca apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf tersebut maka dibaca dengan dileburkan tanpa diiringi dengan bunyi dengung. Dibawah ini merupakan contoh dari hukum bacaan Iqlab :

وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ
QS. Al- Ikhlas ayat 4

Belajar ngaji? di Maungaji.co.id aja 😇

Leave a Reply

%d bloggers like this: