Assalamualaikum aybun, terkadang sebagai orang tua kita tidak memiliki batasan yang jelas antara menghukum dan mendisiplinkan si kecil. Padahal kedua hal ini memiliki perbedaan yang besar, saat kita mengaplikasikannya kepada si kecil loh..

Pengetian hukuman sendiri merupakan penalti yang diberikan aybun terhadap si kecil atas kesalahan atau pelanggaran yang diperbuatnya. Berbeda dengan disiplin, mendisiplinkan si kecil memiliki arti mengajarkan kepada si kecil setiap perbuatan memiliki konsekuensi, agar si kecil lebih berhati-hati dalam bertindak.

dampak dari hukuman sendiri menyebabkan si kecil dapat lebih disiplin akan tetapi perubahan tersebut didasarkan oleh rasa takut, sedangkan saat Aybun dapat menerapkan kosenkuensi terhadap si kecil dapat menjadikan si kecil mengerti antara yang baik dan buruk.

menurut Jane Nelsen, ED.D., penulis buku The Positive Disipline menyatakan bahwa memberikan hukuman memang dapat membuat anak berhenti melakukan kenakalan. Tapi, peruabahan perilaku itu didasari oleh rasa takut dan bukan karena bisa membedakan mana yang baik dan buruk.

jadi Aybun… ingin pilih yang mana nih.. mengajarkan si kecil dengan menghukumnya atau mendisiplinkannya..

Follow kami di instagram @‌iqralabs.id dan nyalakan lonceng notifikasinya agar Aybun tidak ketinggalan info terbaru dan keseruan kegiatan Minlabs di Iqralabs dan jangan lupa kunjungi website kami Iqralabs | Teman Ngaji untuk info lebih lanjut!

Leave a Reply

%d bloggers like this: