Assalamualaikum Teman Minlabs, Rabiul Awal umumnya dikenal sebagai bulan Maulid. Sebab, merupakan bulan kelahiran nabi Muhammad SAW, tepatnya di tanggal 12 Rabiul Awal tapi apa aja sih keistimewaan yang ada di bulan Rabiul Awal? Berikut rangkuman peristiwa yang telah Minlabs rangkum :

1. Kelahiran Nabi Muhammad SAW
Taukah Aybun Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin 12 Rabiul Awal tahun gajah atau bertepatan dengan 23 April 571 Masehi. Hal ini diperkuat dengan penjelasan dari Ibnu Katsir rahimatullah, beliau berkata :

“Dari Jabir dan Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dilahirkan pada tahun Gajah, Hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awwal, dan pada tanggal tersebut diutus menjadi Nabi, melakukan Mi’raj ke langit, berhijrah dan wafat,”

2. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah Ke Madinah

Hijrah merupakan perpindahan umat Islam dari Makkah menuju Madinah atas perintah Allah SWT dan kejadian ini pula menjadi masa awal kejayaan Islam. Hijarahnya Nabi Muhammad SAW terjadi pada bulan Rabiul Awal tahun 622 Masehi. Nabi masuk ke kota Madinah tepatnya pada Senin 22 Rabiul Awal SH 1 (4 Oktober 622 M).

3. Shalat Jum’at Pertama

Pada bulan rabiul awal, Nabi Muhammad SAW melakukan shalat Jumat bersama dengan para sahabat, lalu berkhutbah. Setelah Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu untuk mengerjakan shalat Jum’at.

“Wahai orang-orang yang beriman. Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum’at maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” Surah Al-Jumuah ayat 9.

Dan masih banyak lagi peristiwa lainnya yang terjadi pada bulan rabiul awal. semoga pengetahuan sedikit dari Minlabs dapat menambah pengetahuan Islam Aybun.

Follow kami di instagram @‌iqralabs.id dan nyalakan lonceng notifikasinya agar Aybun tidak ketinggalan info terbaru dan keseruan kegiatan Minlabs di Iqralabs dan jangan lupa kunjungi website kami Iqralabs | Teman Ngaji untuk info lebih lanjut!

Leave a Reply

%d bloggers like this: