Assalamualaikum Teman Minlabs! 🌟

Pernahkah Teman Minlabs mendengar tentang shalat sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam?. Yuk kita bahas lebih dalam tentang shalat sunnah rawatib!.

Apa Itu Shalat Sunnah Rawatib?

Kata rawatib (رواتب) berasal dari bahasa Arab, bentuk jamak dari kata ratib (راتب), yang bermakna tetap atau kokoh. Secara istilah, shalat sunnah rawatib adalah shalat yang dilakukan sebelum dan sesudah shalat wajib. Shalat ini berfungsi sebagai pelengkap dan penyempurna bagi shalat fardhu kita.

Jumlah Rakaat Shalat Sunnah Rawatib

Shalat sunnah rawatib terdiri dari 12 rakaat yang dibagi menjadi shalat qabliyah (sebelum shalat fardhu) dan shalat ba’diyah (setelah shalat fardhu). Berikut adalah rincian waktu pelaksanaannya:

  • Empat rakaat sebelum dzuhur.
  • Dua rakaat setelah dzuhur.
  • Dua rakaat setelah maghrib.
  • Dua rakaat setelah isya.
  • Dua rakaat sebelum subuh.

Kapan Shalat Sunnah Rawatib Dikerjakan?

Menurut Ibnu Qudamah, waktu pelaksanaan shalat sunnah rawatib adalah sebagai berikut:

Qabliyah : Dimulai dari masuknya waktu shalat fardhu hingga shalat fardhu dikerjakan.

Ba’diyah : Dimulai dari selesainya shalat fardhu.

Hadits Riwayat At Tirmidzi nomor 414 yang diriwayatkan Ummu Habibah RA menjelaskan, “Barangsiapa yang shalat 12 rakaat yang mengiringi shalat fardhu siang dan malam, empat rakaat sebelum shalat dzuhur, dua rakaat setelah shalat dzuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah shalat isya, dan dua rakaat sebelum subuh.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

Melaksanakan shalat sunnah rawatib memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Menyempurnakan Shalat Fardhu: Shalat rawatib berfungsi sebagai pelengkap untuk menyempurnakan kekurangan yang mungkin ada dalam shalat fardhu.

2. Meningkatkan Kedekatan dengan Allah: Menambah shalat sunnah dalam rutinitas harian kita dapat meningkatkan kualitas spiritual dan mendekatkan diri kepada Allah.

3. Menguatkan Kedisiplinan Beribadah: Shalat sunnah rawatib membantu kita untuk lebih disiplin dalam menjaga waktu sholat dan beribadah dengan lebih konsisten.

Shalat sunnah rawatib merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk melengkapi shalat fardhu kita. Dengan mengetahui waktu pelaksanaan dan keutamaan shalat sunnah rawatib, kita bisa lebih termotivasi untuk melaksanakan shalat ini secara rutin. Semoga Aybun dan keluarga dapat merasakan manfaat dan keutamaan dari shalat sunnah rawatib.

Yuk, mulai rutinitas shalat sunnah rawatib dan rasakan keberkahannya dalam kehidupan sehari-hari! 🌟

Ayo, unduh aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang telah tersedia di Play Store 📲 dan App Store 🍏, dan jangan lupa juga untuk mengikuti akun TikTok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru beserta keseruan kegiatan kami bersama Iqralabs!.🌟✨

Leave a Reply

%d bloggers like this: