Assalamualaikum Aybun! ๐ŸŒŸ

Kehidupan kita dipenuhi dengan momen makan setiap hari. Islam memaknai momen makan bukan hanya menjadi sebuah aktivitas biasa, namun juga memiliki kedalaman makna. Secara bahasa, makan adalah aktifitas memasukkan nasi atau makanan pokok lainnya ke dalam mulut, mengunyah, dan menelannya. Namun, dalam agama Islam, makanan dan minuman tidak hanya sekedar kebutuhan fisik, tetapi juga merupakan bagian dari takdir Allah yang menguatkan tubuh kita.

Dalam bahasa Arab, makanan disebut “athโ€™imah”, yang secara etimologi berasal dari kata “thaโ€™am”, yang berarti segala sesuatu yang bisa dimakan atau dicicipi. Allah SWT dalam Al-Quran memberikan petunjuk yang jelas mengenai makanan yang baik dan halal. Firman-Nya dalam Surat Al-Baqarah (2:172)

ูŠูฐู“ุงูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ู†ูŽ ุงูฐู…ูŽู†ููˆู’ุง ูƒูู„ููˆู’ุง ู…ูู†ู’ ุทูŽูŠูู‘ุจูฐุชู ู…ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ู’ู†ูฐูƒูู…ู’ ูˆูŽุงุดู’ูƒูุฑููˆู’ุง ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ุงูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ุงููŠูŽู‘ุงู‡ู ุชูŽุนู’ุจูุฏููˆู’ู†ูŽ

Artinya โ€œWahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.โ€ ayat tersebut mengajarkan agar kita memilih makanan yang baik dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan-Nya.

Berikut adalah beberapa adab makan menurut ajaran Islam yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Makan dan Minum yang Halal: Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan thayyib (baik). Hal ini tidak hanya penting untuk kesehatan fisik kita, tetapi juga untuk kebersihan spiritual kita.
  2. Membaca Bismillah: Sebelum memulai makan, membaca “Bismillahirrahmanirrahim” adalah tindakan yang dianjurkan. Ini adalah bentuk pengakuan bahwa segala yang kita konsumsi adalah karunia dari Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
  3. Memakai Tangan Kanan: Menggunakan tangan kanan untuk makan adalah adab yang diajarkan dalam Islam. Hal ini merupakan tanda penghormatan kepada makanan dan juga menunjukkan kesopanan dalam tata cara makan.
  4. Makan dan Minum yang Cukup: Islam mengajarkan agar kita tidak berlebihan dalam makan dan minum. Menjaga keseimbangan dalam konsumsi makanan adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa.

Mari kita jadikan momen makan sebagai kesempatan untuk memperkuat ikatan kita dengan Allah dan menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita. Dengan mengikuti adab-adab makan yang diajarkan dalam Islam, kita dapat menemukan makna yang lebih dalam dalam setiap suapan yang kita ambil. Semoga artikel ini memberikan inspirasi dan pemahaman yang lebih dalam mengenai pentingnya adab makan dalam agama Islam. ๐Ÿฝ๏ธ๐Ÿ™

Ayo, unduh aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang telah tersedia di Play Store ๐Ÿ“ฒ dan App Store ๐Ÿ, dan jangan lupa juga untuk mengikuti akun TikTok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru beserta keseruan kegiatan kami bersama Iqralabs!.๐ŸŒŸโœจ

Leave a Reply

%d bloggers like this: