Assalamualaikum, Taukah aybun konsep pendidikan anak tidak hanya menjadi kewajiban, tetapi juga merupakan tugas mulia yang memerlukan pemahaman yang mendalam lho. Dari Khalifah Ali bin Abi Thalib kita bisa menemukan cara untuk membimbing anak pada setiap tahap perkembangannya. Yuk simak selengkapnya bareng minlabs!.

Fase 1: Usia 0-7 Tahun Memberikan Kasih Sayang Penuh

Menurut ajaran Sayyidina Ali, di tahap awal ini aybun perlu memberikan kasih sayang yang tegas dan penuh perhatian kepada si kecil tanpa memanjakannya berlebihan. Ini adalah momen penting untuk menanamkan nilai-nilai fiqih dan spiritual dalam pikiran dan hati mereka.

Fase 2: Usia 7-14 Tahun – Membangun Tanggung Jawab seperti Murid

Pada tahap ini, anak-anak diibaratkan sebagai “murid”, yang menandakan waktu di mana mereka mulai memahami aturan dan tanggung jawab. Orang tua perlu memberikan arahan yang tegas namun adil, sambil mengenalkan nilai-nilai moral dan etika Islam yang lebih dalam.

Fase 3: Usia 14-21 Tahun Memperlakukan Anak sebagai Sahabat

Di usia remaja, anak-anak memasuki fase kedewasaan yang memerlukan panduan lebih lanjut. Orang tua diharapkan untuk memperlakukan mereka sebagai sahabat, membantu mereka menemukan potensi dan jati diri mereka sendiri dengan dukungan dan bimbingan.

Dengan panduan ini, orang tua dapat membimbing perkembangan anak-anak sesuai ajaran Islam, menciptakan generasi kuat, beriman, dan memiliki akhlak yang baik bagi masyarakat dan umat Islam.

Yuk download aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang sudah tersedia di playstore dan appstore serta follow juga Tiktok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Teman Minlabs tidak ketinggalan info terbaru dan keseruan dari kegiatan Minlabs bareng Iqralabs!.

Leave a Reply

%d bloggers like this: