Assalamualaikum Aybun, yuk ikut Minlabs belajar peristiwa apa saja sih yang terjadi pada Dzulhijjah.

Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang mulia dalam Islam. Dzulhijjah sendiri berasal dari kata ‘Dzul’ yang artinya pemilik dan ‘Al-Hajjah’ yang artinya haji. Bulan ini juga memiliki beberapa peristiwa besar seperti :

1. Peristiwa Nabi Ibrahim Menyembelih Nabi Ismail.

Allah SWT menguji Nabi Ibrahim dengan memerintahkannya menyembelih putranya, Nabi Ismail. Perintah tersebut disampaikan melalui mimpi sebanyak tiga kali. Nabi Ibrahim pun mengatakan hal ini kepada Nabi Ismail.

Nabi Ismail pun menerima hal tersebut karena itu merupakan perintah Allah SWT. Karena keikhlasan Nabi Ibrahim ndan Nabi Ismail, Allah SWT menggantikannya dengan seeekor domba. Peristiwa ini terjadi pada 9 Dzulhijjah

2. Perintah Wajib Berhaji Bagi Orang Yang Mampu

Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyerukan ibadah haji. Peristiwa ini diyakini terjadi pada bulan Dzulhijjah. Diriwayatkan, Nabi Muhammad menunaikan ibadah haji sekali seumur hidup pada bulan Dzulhijjah.

3. Diampuninya Dosa Nabi Adam

Nabi Adam dan Hawa dilempar Allah dari surga oleh Allah SWT ke bumi karena memakan buah khuldi yang terlarang akibat godaan iblis. Karena kejadian tersebut, Nabi Adam terus berdoa kepada Allah agar diampuni dosanya

Semoga sedikit bahasan kali ini dapat menambahkan tingkat keimanan kita semua.

Follow kami di instagram @‌iqralabs.id dan nyalakan lonceng notifikasinya agar Aybun tidak ketinggalan info terbaru dan keseruan kegiatan Minlabs di Iqralabs dan jangan lupa kunjungi website kami Iqralabs | Teman Ngaji untuk info lebih lanjut!

Leave a Reply

%d bloggers like this: