Ayah “Assalamualaikum, Ustadz saya mau tanya apa kewajiban saya sebagai seorang pemimpin selain menafkahi keluarga?”

Ustadz “Seorang ayah akan ditanya oleh Allah, jangan berpikir tugasnya hanya mencari nafkah”

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
Kullukum ra’in wa kullukum mas’ulun an ra’iyyatihi

Dari Ibnu ‘Umar radliallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya.” (HR. Imam Bukhari)

Imam adalah pemimpin yang pasti akan diminta pertanggung jawaban atas rakyatnya. Seorang suami adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawaban atas istri dan keluarganya. Setiap orang adalah pemimpin, setidaknya pemimpin diri sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas semua perbuatannya, maka berperilaku baik lah kepada diri sendiri karena semua akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah kelak.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah radiyallahu ‘anha, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (HR. At-Tirmidzi)

Jadi sudahkah ayah menjadi pemimpin yang baik bagi keluarga?

Aybun jangan lupa untuk download aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji tersedia di playstore dan appstore serta follow kami di instagram @‌iqralabs.id dan Tiktok agar Aybun tidak ketinggalan info terbaru dan keseruan dari kegiatan Minlabs di Iqralabs dan jangan lupa kunjungi website kami http://iqralabs.co.id untuk info lebih lanjut!

Leave a Reply

%d bloggers like this: