Assalamualaikum Aybun!🌟

Tahukah Aybun bahwa aqidah adalah pondasi penting dalam membentuk akhlak seorang anak? Seperti biji yang tumbuh menjadi pohon yang kuat, aqidah yang baik akan melahirkan akhlak yang baik. Sebaliknya, jika akidah buruk, akhlak yang baik pun sulit terbentuk.

Cinta kepada Allah: Dasar Keimanan

Sebagaimana nasehat Lukmanul Hakim kepada anaknya, hal paling dasar yang wajib ditanamkan kepada anak-anak adalah cinta kepada Allah sebagai konsekuensi keimanan:

“وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِۗ اِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ ۝١٣”

(Ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya saat dia menasihatinya, “Wahai anakku, janganlah mempersekutukan Allah! Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) itu benar-benar kezaliman yang besar.”

Keimanan Tidak Dapat Diwariskan

Keimanan tidak bisa diwariskan begitu saja. Orang tua perlu berperan aktif dalam menanamkan kecintaan kepada Allah sejak dini. Berikut beberapa dasar penting yang harus diperhatikan:

  1. Menalqin Anak Melafalkan Kalimat Tauhid

   Mulailah sejak anak masih dalam kandungan, ajarkan kalimat tauhid ketika

inderanya mulai berfungsi. 

  1. Menanamkan Cinta pada Allah

Contoh mudahnya adalah dengan mengajaknya bersyukur. Sering-seringlah mengingatkan anak tentang nikmat Allah yang tiada henti.

  1. Menanamkan Cinta kepada Nabi, Keluarga, dan Sahabatnya

Ceritakan kisah-kisah penuh hikmah tentang Rasulullah, keluarganya, dan sahabat-sahabatnya. Ini akan membangun rasa cinta dan hormat anak kepada mereka.

  1. Mengajarkan Al-Quran pada Anak

Ajak anak membaca dan memahami Al-Quran. Ini akan menjadi pegangan hidupnya kelak.

  1. Mendidik Anak untuk Teguh dan Rela Berkorban demi Akidah

Ajarkan anak untuk tetap teguh dalam keyakinannya dan rela berkorban demi mempertahankan akidah yang benar.

Menanamkan Aqidah dengan Cara Menyenangkan

Mengajarkan akidah tidak harus membosankan. Ajak anak belajar dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, dengan menggunakan cerita, permainan, atau kegiatan kreatif yang bisa menarik minat anak. Pastikan anak merasa bahwa belajar tentang keimanan adalah hal yang menyenangkan dan penuh makna.

Menanamkan akidah pada anak sejak dini adalah investasi terbesar bagi masa depannya. Dengan akidah yang kokoh, anak akan memiliki akhlak yang baik dan menjadi pribadi yang taat pada Allah. Mari mulai sekarang, ajarkan anak-anak kita dengan penuh kasih sayang dan kebijaksanaan.

Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang mampu membimbing anak-anak kita menuju jalan yang diridhai Allah. Aamiin.

Ayo, unduh aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang telah tersedia di Play Store 📲 dan App Store 🍏, dan jangan lupa juga untuk mengikuti akun TikTok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru beserta keseruan kegiatan kami bersama Iqralabs!.🌟✨

Leave a Reply

%d bloggers like this: