Assalamualaikum Aybun!. Belajar mengenal huruf hijaiyah sangat penting untuk anak usia dini dan sebaiknya diajarkan dengan metode dan materi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Namun ya berapa usia ideal yang tepat untuk mengajarkan hijaiyah kepada si kecil?.

Nah meski usia yang tepat untuk mengajarkan hijalyah kepada anak bisa berbeda-beda tergantung perkembangan dan minat anak. Pada umumnya anak-anak bisa mulai belajar hijaiyah antara usia 1 hingga 3 tahun ya Aybun. Pada usia ini, anak masih dalam tahap awal perkembangan bahasa dan kognitif.

Ini dia metode belajar mengajarkan hijaiyah pada si Kecil yang dapat Aybun coba terapkan di rumah:

1. Metode Flash Card

Siapa yang tidak suka kartu-kartu lucu dengan gambar-gambar huruf hijaiyah? Dengan menggunakan flashcard, si kecil bisa belajar sambil bermain. Setiap kartu berisi gambar hijaiyah dan cara pengucapannya, membuat belajar semakin menyenangkan!

2. Media Interaktif

Menggunakan media teknologi untuk mendukung pembelajaran si kecil bisa banget jadi opsi lho Aybun!. Ada banyak aplikasi edukatif yang menyenangkan dan bermutu tinggi yang bisa diunduh. Selain itu, ada juga board book, poster bersuara, busy book, puzzle, dan banyak lagi. Pilihlah media yang sesuai dengan minat si kecil untuk hasil pembelajaran yang lebih efektif ya Aybun.

3. Metode Talaqqi

Dengan metode talaqqi, kita bisa memperdengarkan pengucapan huruf hijaiyah secara langsung kepada anak, lalu membimbingnya untuk mengulanginya. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk membentuk ikatan emosional dan menguatkan hubungan antara orang tua dan anak.

Jadi, Aybun, jangan ragu untuk mulai petualangan belajar hijaiyah bersama si kecil! Ingatlah untuk selalu menjadikan pembelajaran sebagai momen yang penuh keceriaan dan cinta di dalam keluarga kita.

Yuk download aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang sudah tersedia di playstore dan appstore serta follow juga Tiktok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Teman Minlabs tidak ketinggalan info terbaru dan keseruan dari kegiatan Minlabs bareng Iqralabs!.

Leave a Reply

%d bloggers like this: