Assalamu’alaikum Aybun!. Sebagai orangtua, salah satu tujuan terpenting dalam mendidik si Kecil adalah mengajarkanya nilai dan sifat yang dapat membantunya tumbuh menjadi individu yang baik dan bertanggung jawab. Salah satu teladan terbaik yang dapat kita ajarkan pada anak-anak kita adalah kepemimpinan yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Selama hidupnya, Rasulullah telah sangat memperlihatkan sifat-sifat kepemimpinan yang luar biasa. Nah, yuk sama-sama kita telaah dan cermati bagaimana sih keteladan kepemimpinan dari Rasulullah?.

Meniru dan meneladani sikap Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah lho Aybun. Bahkan Allah SWT menjelaskan dalam Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 21 bahwa “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah”.

Nah, berikut ini adalah 4 sifat yang dapat kita teladani dari Rasulullah SAW

1. Shiddiq

Sifat Rasulullah yang pertama adalah shiddiq yang artinya benar. Rasulullah dikenal sebagai orang yang sangat jujur dalam perkataan dan tindakannya. Kejujuran ini melekat pada karakternya sejak sebelum diangkat menjadi Rasul.

2. Amanah

Sifat amanah artinya sikap dapat dipercaya. Rasulullah dapat dipercaya dalam menjaga Segala amanah yang diberikan kepadanya, baik itu amanah dari Allah SWT berupa wahyu, amanah dari umat manusia, atau amanah dalam bentuk harta benda.

3. Fathanah

Fathanah artinya cerdas, cerdik atau pintar. Meskipun Al-Quran tidak secara spesifik menyebutkan sifat cerdas atau pintar, tetapi tindakan dan kebijaksanaan beliau mencerminkan kecerdasan yang tinggi.

4. Tabligh

Tabligh artinya menyampaikan. Rasulullah diutus oleh Allah SWT Sebagai rasul untuk menyampaikan wahyu-Nya kepada umat manusia.

Nah itu dia 4 sifat keteladanan kepemimpinan Rasulullah SAW. Meskipun kita sebagai umatnya tidak akan mampu meniru persis dengan sifatnya, tapi alangkah baiknya jika kita mulai ingin mencontoh apa yang telah beliau ajarkan selama hidupnya.

Yuk download aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang sudah tersedia di playstore dan appstore serta follow juga Tiktok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Aybun tidak ketinggalan info terbaru dan keseruan dari kegiatan Minlabs bareng Iqralabs!.

Leave a Reply

%d bloggers like this: