Assalamualaikum aybun, hayo siapa nih yang suka kesal ketika si kecil mendapatkan hasil ujian yang tidak memuaskan? mulai sekarang yuk coba kita lebih menghargai si kecil dengan segala kelebihan dan kekurangannya, sebab peran aybun dalam perkembangan si kecil itu sangat berpengaruh lho. Yuk simak untuk lebih lanjut untuk tahu apa saja sih cara mengapresiasi si kecil?.

Pertama dan paling utama adalah berhenti memberi afirmasi negatif ke diri si Kecil ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik. Stop bilang “Adek kok ga bisa? Temen kamu aja bisa” atau “Adek ga belajar yah, makanya ga bisa nih”, dan ungkapan lain yang dapat menurunkan kepercayaan diri si Kecil.

Nah, untuk memulai mengapresiasi si Kecil, aybun dapat menerapkan hal-hal ini lho!.

Memajang Karya Si Kecil

Hal ini akan membuat si kecil senang dan memotivasi mereka untuk melakukan yang terbaik di lain waktu. Cara ini juga menunjukkan bahwa ayah dan bunda menghargai usaha si kecil. Aybun juga bisa menyediakan ruangan khusus untuk memajang karyanya dan jangan lupa ajak si kecil saat memajang karyanya.

Dampingi dan Semangati Si Kecil

Aybun dapat mengapresiasi suatu hal dengan mendukung dan menyemangati Si kecil, tunjukkan bahwa Aybun peduli dan ingin menjadi bagian dalam setiap perjalanan hidupnya. Hal ini penting karena orang tua mempunyai peran penting yang akan mempengaruhi perkembangan dan prestasinya.

Quality Time Bersama Si Kecil

Quality time bersama si kecil mempunyai pengaruh yang besar dalam mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Aybun bisa melakukannya dengan menikmati hobi bersama seperti berkebun, menanam bunga, melukis, atau sekadar berbelanja bersama.

Berikan Hadiah yang Sederhana

Saat si kecil meraih suatu prestasi, alangkah bahagianya ia jika menerima hadiah dari ayah dan bunda. Ayah dan bunda bisa memberikan hadiah Seperti mainan kesayangan, boneka, atau hadiah untuk memotivasi pencapaian si kecil.

Pastikan Aybun tidak berorientasi pada hasil karena ada kemungkinan si kecil belum berhasil. Namun, ketika si kecil mengalami kegagalan, mereka juga perlu dihargai atas usahanya. Ini akan membuat si kecil bersemangat untuk mencapai prestasi berikutnya. Yang terpeting adalah jangan biarkan si kecil putus asa dan berhenti mencobanya.

Yuk download aplikasi Iqralabs – Belajar Ngaji yang sudah tersedia di playstore dan appstore serta follow juga Tiktok @iqralabs dan Instagram kami @iqralabs.id agar Aybun tidak ketinggalan info terbaru dan keseruan dari kegiatan Minlabs bareng Iqralabs!.

Leave a Reply

%d bloggers like this: