Nabi Luth A.S merupakan utusan Allah Swt yang diperintahkan untuk memberikan petunjuk kepada kaumnya yaitu Kaum Sodom. Kaum Sodom merupakan kaum durhaka yang suka sekali melakukan kejahatan, seperti menjarah harta, musafir, hingga mencintai sesama jenis.

Dalam menyebarkan agama islam, Nabi Luth A.S selalu gigih walaupun kaumnya selalu menolaknya dan menantang untuk diturunkan azab kepada mereka. Hingga suatu hari kaum sodom mulai memilih pasangan mereka dari sesama jenis mereka. Nabi Luth A.S berserah diri dan berdoa kepada Allah Swt untuk menurunkan azabnya kepada Kaum Sodom laknatullah.

Setelah beberapa hari datanglah Malaikat ke rumah Nabi Luth A.S untuk menyampaikan perintah Allah Swt agar meninggalkan Kaum Sodom. Pada malam harinya Nabi Luth A.S dan kaumnya yang beriman pergi meninggalkan kaum sodom. Pada saat itulah Allah Swt menurunkan azabnya.

“Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi” surat Hud Ayat 82

Membaca serta memahami kisah dari Nabi Luth A.S dan kaumnya memberikan pelajaran bagi kita, bahwa kegigihan Nabi Luth A.S berdakwah patut kita jadikan teladan, sikap membangkang terhadap perintah Allah dan tidak mau bertobat dapat menyebabkan manusia tertimpa azab seperti yang menimpa Kaum Sodom.

Leave a Reply